Rabu, 23 November 2011

Sistem Pendingin Mesin


Sistem pendinginan mesin yang menggunakan air sebagai media pendinginan memiliki beberapa komponen untuk memaksimalkan kinerja pendinginan mesin. Berbeda dengan mesin yang menggunakan sistem pendingin angin yang tergolong simpel dan praktis, tetapi untuk sistem pendingin yang berkembang sampai sekarang tetap menggunakan air sebagai media pendingin.
Komponen komponen sistem pendingin pada mesin meliputi:
  • Radiator. Radiator merupakan pemilah melalui kisi-kisi/sirip  radiator air agar temperatur turun/di dinginkan. Jadi air dengan temperatur panas masuk ke radiator dan di dinginkan oleh radiator dengan bantuan fan radiator.
  • WaterPump. Agar air pada sistem pendingin bisa bersirkulasi dari radiator ke mesin dan kembali lagi ke radiator maka di butuhkan waterpump untuk memompa air.
  • Watermantel. Watermantel merupakan ruangan air yang berada pada blok mesin yakni mengelilingi silinder blok agar proses pendinginan menjadi maksimal.
  • Termostat air. Termostat merupakan katup pengatur aliran air pendingin agar sesuai dengan temperatur kerja mesin.
  • Tabung recevoir. Tabung recevoir merupakan tabung air cadangan radiator agar radiator di waktu radiator kelebihan dan kekurangan air, maka di tampung dan menghisap air dari tabung cadangan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar